Dasar Dasar Kelistrikan Ch.1

Walaupun ilmu kelistrikan telah berperan sangat penting dalam dunia kita, fenomena listrik di alam seperti halilintar tidak dapat terpisahkan pada hidup manusia. Fenomena tersebut terus mengingatkan kita akan bahaya listrik. Pada saat yang sama, dapat jelas diketahui berapa tingkat penerimaan yang dibutuhkan dalam mempergunakan kekuatan ini untuk umat manusia.


Secara besar fenomena elektrik telah diketahui sejak lama. Yunani kuno telah mengetahui, bahwa substansi cahaya, seperti rambut, bulu, dan fiber dapat ditarik oleh sebuah amber yang telah digosok dengan kain. Pada tingkat pengetahuan yang ada saat itu, fenomena ini hanya dapat diinterpretasikan sebagai manifestasi sihir. Satu konsep yang berhubungan dengan fenomena ini berasal dari periode ini, yaitu kata Yunani untuk amber adalah Elektron.

 

untitled
Gambar 1.1 Demonstrasi sebuah mesin elektrifikasi (awal abad 19). Listrik diproduksi dengan gesekan pada bola sulfur

 

 

2
Gambar 1.2 Eksperimen galvani dengan “listrik hewan” (1791)

 

Listrik diproduksi oleh gesekan yang setelah itu ditemukan juga dengan bahan lain. Pada awalnya, penggunaannya selalu dilarang untuk dipertunjukkan. Sampai akhir abad 18, ada demonstrasi khusus yangmana dapat “menghasilkan listrik” (gambar 1.1)

 

Berbeda dari praktek tersebut, beberapa fenomena diinvestasikan dengan lebih dalam. Eksperimen dengan kaki kodok dibawakan oleh Aloisio Luig Galvani, sebagai contoh, pengembangan sel listrik pertama kalinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis:

Life just once, so keep berkaryaaa Pantang menyerah tuk raih impian.... ^^ Ganbarimasu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s