Belajar Bahasa Jepang: Pelajaran 1 “Watashi wa Anna desu”

Halo minasan (semuanya), saatnya kita memasuki programa pelajaran bahasa Jepang dari NHK World Radio Japan. Hari ini kita akan memulai pelajaran baru. Kelebihan buku belajar bahasa Jepang ini adalah karena dilengkapi dengan cerita per pelajarannya dan bersambung ceritanya di pelajaran berikutnya dan juga dilengkapi dengan gambar serta ilustrasi yang menarik, jadi pas banget bagi yang baru pertama kali belajar bahasa Jepang.Check it out.

1
Cover Buku Belajar Bahasa Jepang NHK ver. April 2015

 

Tokoh utama dalam sandiwara kita adalah Anna. (Let it go, Let it go…. *abaikan ini) Mahasiswi asing dari Thailand dan seorang penggemar berat komik manga. Anna sebelumnya masuk jurusan bahasa Jepang di sebuah Universitas di Bangkok namun ia ingin belajar lebih dalam di Jepang. Maka itu ia datang untuk belajar di sebuah Universitas di Tokyo selama 1 tahun. Dalam Pelajaran 1,Anna berjumpa dengan pendampingnya di Universitas yang bernama Sakura untuk pertama kalinya. Pendamping adalah mahasiswa Jepang yang membantu mahasiswa asing dalam kuliah dan kehidupan sehari-hari. Sakura tengah belajar untuk menjadi guru bahasa Jepang.

2
Para Tokoh dalam Buku Belajar Bahasa Jepang NHK ver. April 2015

 

Kalau gue baca buku belajar bahasa Jepang ini, berasa baca manga (komik) ^^. By the way, Ibu Asrama nya mirip Ibu nya Giant yah yang ada di Doraemon, hihi. ^^

Kata kunci untuk hari ini adalah:

Watashi wa Anna desu.

 

 

3
Naskah Percakapan Pelajaran 1

 

 

Nah, sekarang kita bahas sedikit tentang adegan tadi.

Anna mengatakan,

Hajimemashite

 

4
Anna Pertama Kali Bertemu dengan Sakura

 

Ini adalah kata sapaan standar saat kita berjumpa seseorang untuk pertama kalinya.Ungkapan ini tidak ada padanan yang pas dalam Bahasa Indonesia, jadi dihafalkan saja yah.Saat seseorang mengatakan pada kita hajimemashite, kita juga membalasnya dengan hajimemashite.

Watashi wa Anna desu (Saya adalah Anna)

Ini adalah kalimat kunci Pelajaran 1. Watashi adalah saya, wa adalah partikel penanda topik.

 

Apa yang dimaksud dengan topik?

Maksudnya adalah topik dari percakapan, yaitu apa yang kita tengah perbincangkan.  Topik bisa jadi adalah subjek kalimat, bisa juga bukan. Dalam kalimat ini, Watashi (Saya) adalah topik sekaligus subjek nya juga.

Anna adalah Anna

 

5
Tata Bahasa 1 (A adalah B)

 

Saat kita ingin mengatakan sesuatu seperti kata benda A adalah kata benda B, seperti misalnya “Saya adalah Anna”

Kita menambahkan kata-desu setelah B dan membentuk predikat.Jadi, kita mengatakannya

A wa desu

Jadi, saat saya memperkenalkan diri saya, saya mengatakan

Hajimemashite

Watashi wa Hari desu

Sekarang cobalah memperkenalkan diri dengan nama sendiri. ^^

 

Kemudian Sakura menjawab,

Hajimemashite

Sakura desu

 

6
Sakura Memperkenalkan Diri

 

Nah, sekarang kita tahu arti dari kalimat tadi

Hajimemashite

Saya Sakura

 

Tunggu sebentar, mengapa Sakura melongkapi Watashi waMengapa Ia tidak mengatakan

Watashi wa Sakura desu

Saya adalah Sakura

Dalam bahasa Jepang, orang sering menghilangkan topik atau subjek jika sudah jelas dalam konteksnya. Disini sudah jelas kalau orang yang berbicara sekarang adalah Sakura. Jadi akan lebih alami jika kita tidak mengatakan Watashi wa dalam kalimat seperti ini. Jika kita sering menggunakan Watashi wa saat tidak diperlukan, kita dapat terdengar terlalu sombong, yangmana kurang dihargai dalam budaya Jepang.

Wah, saya baru tahu sekarang akan saya coba tidak menggunakan Watashi wa terlalu sering. (*ini siapa yg jawab yah? Anggap saja dia Elsa bukan Mawar). Let it go, Let it go….

 

Nah, setelah itu kemudian Anna meneruskan

Yoroshiku onegaishimasu

 

7
Anna Senang Berkenalan dengan Sakura

 

Kita mengatakan yoroshiku onegaishimasu, saat kita memperkenalkan diri kepada seseorang. Ini seperti “senang berkenalan dengan anda”. Artinya secara harfiah adalah saya sangat menginginkan hubungan yang baik dengan anda. Kita juga dapat mengatakan ini sebagai kata-kata penutup saat kita meminta seseorang untuk melakukan sesuatu atau membantu kita.

Ini adalah ungkapan yang berguna, kita sering menggunakannya yah. (*ini siapa lagi yang jawab? Elsa pergilah, do you want to build snowman, right now, right?)

Iya, mari kita berlatih mengatakannya secara perlahan

yo-ro-shi-ku o-ne-gai-shi-masu

yo-ro-shi-ku o-ne-gai-shi-masu

 

Lalu, Sakura menjawab

Kochira koso

 

8
Anna Kaget Melihat Sakura yang Membungkuk di Akhir Perkenalan

 

Berarti senang berjumpa dengan anda juga, atau secara lebih harfiah adalah “harusnya saya yang merasa demikian”. Sekarang, mari lihat kembali adegan Pelajaran 1.

 

9
Naskah Percakapan Pelajaran 1 (Anna Pertama Kali Bertemu dengan Sakura)

 

Sekarang kita masuk ke pojok baru, yang disebut Sensei Oshiete atau Ajari kami guru. Penyedia program ini Prof. Akane Tokunaga mengajarkan kami, poin pelajaran hari ini.Beliau telah mengajar bahasa Jepang selama lebih dari 20 tahun. Hari ini Prof. Tokunaga akan mengajarkan mengenai sistem penulisan bahasa Jepang.

 

10
Penyelia Editorial Prof. Akane Tokunaga

 

Ia mengatakan bahasa Jepang punya 3 jenis karakter. Masing-masing memiliki perannya sendiri.

Saat kita menulis Watashi wa Anna desu, Saya adalah Anna. Kata benda bagi Saya, Watashi ditulis dalam kanji. wa, desu dan partikel-partikel lain yang menandakan fungsi gramatikal ditulis dalam hiraganaKata kerja dan kata sifat ditulis dalam kanji dan hiragana yang dikombinasikan. Nama-nama asing dan kata-kata serapan seperti misalnya Anna, ditulis dalam katakana.

 

11
Tata Bahasa 2 (Huruf Bahasa Jepang)

 

Hiragana dan katakana adalah simbol-simbol fonetik. Masing-masing memiliki 1 suku kata.

Bahasa Jepang punya 5 bunyi vokal.

a, i, u, e, o

a, i, u,e, o

dan 9 bunyi konsonan.

Dalam bahasa Jepang, 1 suku kata terbentuk dari bunyi vokal saja atau gabungan bunyi konsonan dan bunyi vokal.

Selain itu ada juga suku kata “n”.

 

Cobalah untuk menulis nama kita dalam bahasa Jepang dengan mengikuti daftar sistem penulisan dalam buku teks programa ini atau melalui laman internet programa ini di www.nhk.or.jp/lesson/indonesian. Demikian tadi pojok Sensei Oshiete atau Ajari kami guru. ^^

 

Sekarang saatnya untuk “Pojok Kata Tiruan Bunyi”

Minasan, pernahkah mendengar kata “onomatope” ? Misalnya, kukuruyuk untuk suara ayam berkokok dan lain lain seperti itu kan?  Iya, nah dalam bahasa Jepang, ayam berkokok dikatakan KOKEKOKO.

Ini adalah kata-kata yang mengandung bunyi yang mengingatkan orang akan bunyi, suara atau perilaku tertentu. Bahasa Jepang dikatakan kaya akan kata-kata seperti itu. Suara-suara ini sering muncul dalam kartun dan manga. Iya, nah jadi dalam program ini kita menampilkan beragam jenis kata-kata seperti itu.

Kata yang dibahas hari ini adalah untuk suara berikut. Bagaimana kita menggambarkan suara ini dalam bahasa Jepang?

Suara nya seperti orang memukul gendang jepang. Ini adalah suara mengetuk suatu alat musik perkusi Jepang yaitu sebuah gendang Jepang yang dipanggul di pundak. Kata tiruan bunyi nya untuk benda ini adalah PON.

 

12
Kata Tiruan Bunyi PON

 

 

Digunakan dalam berbagai cara, suara saat saya menepuk minasan di pundak adalah PON. Juga berondong jagung meletus dengan suara PON. Wah, menarik yah. Mari kita mempelajarinya lagi dan menggunakannya.

Sebelum menutup perjumpaan, Anna mengingat kembali kejadian hari ini dan bergumam dalam hati. Ini adalah “Pojok Catatan Si Anna”

 

Apa yang dirasakan Anna hari ini?

Etto, kyou wa…

 

“Mmh, hari ini saat orang bertemu, mereka semua membungkuk, mereka jarang berjabat tangan. Ini seperti halnya di Thailand”

 

***

Hari ini kita memulai serial baru “Belajar Bahasa Jepang”. Apakah anda menyukainya?

Kalimat kunci hari ini adalah

Watashi wa Anna desu (Saya adalah Anna)

 

Ikutilah episode-episode selanjutnya… ^^

 

Jaa Mata ^^

Arigatou Gozaimasu

Penulis:

Life just once, so keep berkaryaaa Pantang menyerah tuk raih impian.... ^^ Ganbarimasu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s